Kamis, 13 Oktober 2016

Yayasan Cinta anak Bangsa (YCAB)



YAYASAN CINTA ANAK BANGSA (YCAB)

Berdasarkan jarak politik dengan pemerintah NGO dibagi atas tiga level, yaitu high level partnership, high level politic dan empowerment at the grassroot. Fokus kelompok kami pada empowerment at the grassroot.

NGO Empowerment at the grassroot adalah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada bidang pemberdayaan masyarakat bawah. Pada umumnya kasus yang paling sering ditangani NGO Empowerment at the grassroot adalah kasus pemberdayaan perempuan dan anak-anak.  Fokus utama dari paper kami adalah NGO YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa). YCAB merupakan satu-satunya NGO asal Indonesia yang masuk dalam jajaran 50 besar NGO terbaik didunia, yaitu pada perikat ke 49 dari 500 NGO di dunia, yang mengungguli dua  NGO ternama seperti World Vision (UK) dan Greenpeace (Netherland). YCAB sendiri adalah sebuah organisasi independen non-profit di Indonesia yang didirikan pada bulan Agustus tahun 1999 oleh Veronica Colondam dan menjadi organisasi global pada tahun 2012 melalui YCAB Internasional. YCAB Internasional berkantor pusat di New York dan terdaftar sebagai organisasi non-profit yang memiliki fasilitas pengurangan pajak (tax deduction) melalui section 501 (C) (3).  Dari kegiatannya  YCAB mendapatkan pengakuan dari UN-ECOSOC special consultative status dan mendapat penghargaan sertifikasi ISO 9001:2008.
Fokus YCAB foundation pada isu remaja melalui tiga pilar yaitu kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.  Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang membantu remaja untuk memilih gaya hidup sehat termasuk hidup bebas narkoba, pacaran sehat, lifeskills, kepemimpinan, dan pendidikan untuk remaja putus sekolah melalui Rumah  Belajar  dan Rumah Ketrampilan. Sampai tahun 2012 program-program YCAB foundation telah memberikan dampak kepada lebih dari dua juta orang di Indonesia.

Program kerja YCAB ada tiga pilar, yaitu : 

1.      Healthy Lifestyle Promotion (HeLP). HeLP adalah pilar pertama YCAB yang mempromosikan gaya hidup sehat pada remaja disekolah. Program ini bermula dari kampanye anti narkoba dan HIV/AIDS dan kemudian berkembang menjadi program-program kepemimpinan remaja dan penggiatan remaja untuk berbuat sesuatu yang positif dalam hidupnya, melalui program dosomething. Setiap tahun HeLP menjangkau dari 120.000 remaja melalui program teman sebaya yang dikenal dengan program Ripple.
2.      House of Learning and Development (HoLD). HoLD adalah program Rumah Belajar yang didirikan pertama kali tahun 2003. Remaja yang putus sekolah dan mereka yang mau melanjutkan pendidikan dapat mendaftar untuk mengambil program Paket A, B, C. Rumah Belajar juga menyediakan laboratorium komputer dan laboratorium Bahasa Inggris yang diwajibkan bagi semua murid program paket, namun terbuka bagi masyrakat umum lainnya. Sampai saat ini, ada 47 Rumah Belajar yang beroperasi dilebih dari 30 kota dan kabupaten Indonesia memberikan kesempatan pendidikan kepada lebih dari 5000 remaja yang ingin melanjutkan sekolah. Dari Rumah Belajar terdapat 5 unit Mobil Belajar yang merupakan laboratorium komputer keliling yang melayani murid di daerah kumuh dan tertinggal.
3.      Hands-on Operation of Entrepreneurship (HopE). HopE adalah pilar pemberdayaan ekonomi dan pendidikan vokasi melalui Rumah Ketrampilan yang tersebar dilima lokasi di wilayah Jabodetabek. Pemberdayaan ekonomi diberikan kepada lulusan Rumah Belajar dan ibu dari murid Rumah Belajar dalam bentuk bantuan kredit mikro untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Pemberdayaan ekonomi yang diberikan kepada lulusan Rumah Belajar biasanya berupa pendidikan untuk meningkatkan kesiapan kerja dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Program kredit mikro untuk ibu ini dilaksanakan oleh Koperasi YCAB. Rumah Ketrampilan menawarkan lima jenis ketrampilan vokasi yaitu : menjahit (Rumah Menjahit), reparasi eletronik (Rumah Teknik), salon (Rumah Cantik), montir (Rumah Mekanik) dan hospitality untuk ketrampilan melayani di restoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bekti Maulana, Tak Lelah Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan

Kota  Yogyakarta , salah satu kota yang punya sejuta pesona. Kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan ini merupakan kota y...